• Header7
  • header1
  • header 4

Tanya Jawab

P: Saya ijin bertanya tentang KDRT? apakah termasuk kumplin atau pidana?

J: Berdasarkan UU RI NO 23 TH 2004 TTG PENGHAPUSAN KEKERASAN RUMAH TANGGA (KDRT) BAB VIII KETENTUAN PIDANA dijelaskan bahwa KDRT diancam pidana 5 th penjara untuk kekerasan fisik, 10 th apabila korban jatuh sakit atau luka berat, 15 th penjara apabila korban meninggal dunia dan 4 bulan penjara apabila kekerasan fisik yang dilakukan baik oleh suami terhadap isteri ataupun sebaliknya yang tidak menimbulkan penyakit atau halangan untuk menjalankan pekerjaannya.

pasal 45 diancam 3 th penjara terhadap pelaku kekerasan psikis

pasal 46 diancam 12 th penjara terhadap pemaksaan hubungan seksual yang dilakukan terhadap orang yang menetap dalam lingkup rumah tangga tersebut.

pasal 47 diancam 15 th penjara terhadap pemaksaan hubungan seksual terhadap salah seorang lingkup rumah tangganya dengan orang lain untuk tujuan komersial dan/atau tujuan tertentu

pasal 49 diancam 3 th penjara apabila :

a. menelantarkan orang lain dalam lingkup rumah tangganya yang menjadi kewajibannya untuk memberi kehidupan, perawatan atau pemeliharaan.

b. membatasi dan/atau melarang orang dalam lingkup rumah tangganya untuk bekerja yang layak sehingga mengakibatkan korban ketergantungan ekonomi kepadanya.

dari penjelasan UU RI No 23 Th 2004 tersebut, jelaslah KDRT bukan tergolong kumplin tetapi menjadi pidana. pidana yang dapat menjadi kumplin apabila hukumannya sedemikian ringannya yang tidak menimbulkan dampak besar terhadap korban.

 

 

Info Khusus Parajurit

Login Form