• Header7
  • header1
  • header 4

PRAJURIT DAN PNS JAJARAN KOREM 181/PVT LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 2019

Pada hari Sabtu tanggal 01 Juni 2019, pukul 07:00 WIT, Prajurit dan PNS jajaran Korem 181/PVT melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, dengan inspektur upacara Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, dihadiri oleh Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Hariyanto, para Kasi Korem 181/PVT, serta para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 181/PVT, bertempat di lapangan upacara Makorem 181/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat.

Dalam amanat Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A, yang membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun sebagia bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum Perumusan "Piagam Jakarta" oleh "panitia kecil" tanggal 22 Juni 1945 dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, diharapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana semua mengamalkan Pancasila secara simultan dan terus menerus.    

Oleh karna itu, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan  pandangan  dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. (Penrem 181/PVT)

 

Info Khusus Parajurit

Login Form