• Header7
  • header1
  • header 4

KASDAM XVIII/KASUARI HADIRI PEMBUKAAN RAKER BUPATI DAN WALIKOTA SE-PROVINSI PAPUA BARAT TAHUN 2019

Pada hari Selasa tanggal, 30 April 2019 pukul 08.30 Wit, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo menghadiri Raker Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua Barat dihadiri oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani, Sekda Papua Barat Drs. Nataniel D. Mandacan, Ketua DPR Papua Barat Pieter Kondjol, Forkopimda Provinsi Papua Barat, Kota dan Kabupaten Sorong, Walikota dan Provinsi Papua Barat, Kasi Teritorial Korem 181/ PVT Kolonel Inf Luhut B. Sidabariba, Kapolres Sorong Selatan Hans Rachmatulloh Irawan S.IK., Korwil Sorong Raya Binda Papua Barat Letkol H.R. Morin, Danramil 1802-02/Teminabuan Mayor Inf. Irwan, Forkopimda. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Nikolaus B Kondomo,SH., Para Kepala Dinas Prov. Papua Barat, Kota dan Kab. Sorong, yang di hadiri -+ 300 Orang, bertempat di Hotel Mratua Sesna, Jalan Poros Teminabuan – Ayamaru, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan-Provinsi Papua Barat.

Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Dedi Sambowo sebagai nara sumber memberikan pemaparan materi tentang Peran Binter Kodam XVIII/Kasuari guna memantapkan ketahanan wilayah di Provinsi Papua Barat, dalam paparan menyampaikan bahwa landasan pemikiran adalah Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang memperoleh dukungan dari rakyat Indonesia, karena merupakan cerminan dasar sikap dan perilaku dari seluruh rakyat Indonesia.  Kondisi ketahanan wilayah Papua Barat memiliki hutan hujan tropis, pegunungan dan pesisir sehingga sulit diakses tanpa memiliki infastruktur memadai, sehingga keadaan tersebut mempengaruhi terhadap kelancaran pembangunan yang menyebabkan ketahanan wilayah Papua Barat sangat rentan.

Oleh karena itu Peran Binter Kodam XVIII/Kasuari bertujuan memantapkan ketahanan wilayah di Provinsi Papua Barat dengan sasaran di bidang fisik materil yaitu dilaksanakan dengan pembangunan, perbaikan sarana prasarana, secara geografis dengan program melaksanakan Bhakti TNI dengan kegiatan melaksanakan TMMD daerah tertinggal dan melaksanakan Opster. Secara Demografis dengan program melaksanakan Bhakti TNI dengan kegiatan KB Kes dan program melaksanakan Bintahwil dengan kegiatan penyusunan RT/RW serta membentuk sumber daya manusia.

Kondisi wilayah Provinsi Papua Barat mempunyai potensi yang luar biasa, baik itu pertanian, pertambangan, hasil hutan maupun pariwisata. Besarnya potensi di wilayah Papua Barat mengalamai berbagai bentuk ancaman apabila tidak disikapi dengan baik oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Provinsi Papua Barat akan mengakibatkan runtuhnya kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Kodam XVIII/Kasuari yang bertanggungjawab terhadap Bintahwil telah melaksanakan berbagai upaya guna memantapkan ketahanan wilayah di Provinsi Papua Barat melalui tiga metode Binter yaitu Komsos, Binwamil dan Bhakti TNI. (Penrem 181/PVT).



 

Info Khusus Parajurit

Login Form